Friday, October 23, 2015

Tips Beternak Kelinci

Seperti yang pernah kita bahas tentang faktor dominan yang berpengaruh terhadap keberhasilan beternak kelinci, berikut kami berbagi tips tentang Trisula "maut" yg mempengaruhi optimalnya pertumbuhan kelinci :

  1. Genetika
  2. Pakan 
  3. Lingkungan 
  4. Integrasi ketiganya
Seperti halnya Trisula, ada satu sing paling utama, yg pertama kali akan menyentuh objek didepannya jika didorongkan. Dan Genetika dalam optimalisasi tsb memegang peranan penting. Namun meskipun penting dia tak berdaya jika tak didukung oleh hal lainnya tsb.
Jika kita tidak punya waktu buat ngakali pakan (bikin sendiri atau semisalnya) maka lakukan saja dg Genetika, Outbreeding atau teman2 ada menyebutnya crossbreeding yaitu golek bibit dr luar kandang untuk dikawinkan dg stok kandnag kita. Sehingga kita mendapatkan keturunan yg sesuai harapan kita dg melalui proses tahapan tertentu. Pakan didukung dr pakan pabrikan yg semuanya recommended.
Jika dua hal tsb sdah kita lakukan tapi merasa masih bisa ditingkatkan maka bikinlah rumah kandang atau sekitaran kandang kita lebih adem dan nyaman kondisinya. Misal diberi insulasi atap dan dindingnya, depan rumah kandang ditanami tirai hijau atau tanaman merambat dan sebagainya. Diharapkan dg kondisi lebih adem maka kelinci akan makan dg sangat efisien.
Itulah gunanya KONTINUITAS dalam melakukan evaluasi isi kandang dan jangan pernah bosan up grade kalau isi kandang sudah dijadikan sandaran hidup, sandaran hati.

demukian dulu postingan kami, semoga bermanfaat............

Note:
            Beberapa Gbr di Blog ini diambil dari internet, jk ada Gbr Anda yg saya gunakan dan Anda menginginkan untuk diremove silahkan hubungi saya


                                                                                  By Mohammad Rifky Hawari
                                                                                  RBR/POCIN GRUP

No comments:

Post a Comment