Tuesday, February 24, 2015

Kartu Monitoring Indukan Kelinci

Contoh Kartu Monitoring Kandang
Salah satu kendala bagi peternak kelinci yang sering dihadapi adalah ketidaksiapan menyediakan nesting box (kotak beranak) bagi indukan kelinci. Hal ini disebabkan karena peternak tidak mencatat tanggal saat mengawinkan indukan kelinci. Akibatnya bayi yang lahir akan tercecer dan bayi kelinci dapat mati karena hal tersebut.

Salah satu cara mengantisipasinya adalah dengan melakukan pencatatan waktu-waktu "khusus" indukan kelinci. Yaitu waktu kawin, waktu beranak dan waktu sapih.

Tanggal kawin kelinci perlu dicatat, sebab ini akan mempengaruhi tanggal/waktu yang tepat bagi peternak untuk menyiapkan nesting box.


Sedangkan tanggal beranak perlu dicatat sebagai dasar bagi peternak untuk mengawinkan kembali indukan kelinci dll. Waktu yang tepat untuk mengawinkan indukan kelinci antara 15 - 45 hari setelah indukan beranak. Rentang waktu 15 hari bagi indukan untuk kawin jika bayi-bayi kelinci yang dilahirkan kelak untuk tujuan komersial (dijual anakan). Rentang waktu 45 hari diperuntukan jika bayi-bayi yang dilahirkan untuk disiapkan sebagai bibit indukan baru.

Contoh Kartu Identitas Kelinci
Waktu sapih yang tepat bagi bayi-bayi kelinci adalah 1,5 bulan sejak mereka dilahirkan. Selang beberapa waktu setelah bayi-bayi kelinci tersebut di sapih dan bisa makan sendiri, maka anak-anak kelinci bisa dijual ke pasaran.

Kartu monitoring indukan kelinci juga dapat digunakan untuk memantau indukan apakah indukan tersebut sudah layak untuk "dipensiunkan" (afkir) dan dapat dijual sebagai pedaging. Kartu ini dapat digantung pada pintu kandang si indukan dan dapat dimonitor. Kartu bermanfaat jika yang mengelola kandang kelinci lebih dari satu orang.

Bentuk kartu dapat diunduh disini.

2 comments:

  1. gan mau tanya . anak kelinci saya kok mati terus ya padahal udah nggak tak pegang ? mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  2. Kematian anakan ada banyak faktor mas.
    Anakan yg mati umur brapa?
    Knpa kok g boleh dpegang?
    Saya ja anakan baru lahir sudah tak pegang unt memastikan tidak ada sumbatan pd jalan nafas/hidung

    ReplyDelete